SAPERIAH NIM
A1B110243
Kelompok
tiga telah memaparkan jenis motivasi menurut pembagian dari Woodworth dan
Marquis. Yang saya tanyakan adalah pada poin c, yakni motif objektif. Di sana
dijelaskan bahwa motif objektif itu menyangkut kebutuhan untuk melakukan
eksplorasi, melakukan penipulasi, untuk menaruh minat. Mohon beri penjelasannya
lagi dan berikan contohnya.
Terima kasih.
Terima kasih.
Tanggapan Kelompok V:
Menurut kelompok kami motif objektif adalah sebuah dorongan dalam diri
sesorang untuk mengembangkan kemampuan dirinya, dia bisa mengekspresikan
dirinya mengembangkan bakat yang dia punya. Bisa berkarya sehingga memberikan
keluesan terhadap dirinya dan bermanfaat bagi orang lain mampu untuk bersaing
dengan dunia luar. Motif ini muncul
karena dorongan untuk dapat menghadapi dunia luar secara efektif.
Nurul
Hidayah
NIM A1B110224
Kelompok 3 telah menjelaskan tentang motivasi dan aktivitas belajar. Saya ingin bertanya, apa hubungan motivasi dan aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar?
Apakah hubungan tersebut terjadi secara timbal balik?
Terima kasih
NIM A1B110224
Kelompok 3 telah menjelaskan tentang motivasi dan aktivitas belajar. Saya ingin bertanya, apa hubungan motivasi dan aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar?
Apakah hubungan tersebut terjadi secara timbal balik?
Terima kasih
Tanggapan Kelompok V
Menanggapi
pertanyaan Nurul, menurut saya hubungan motivasi dengan aktivitas dalam
kegiatan belajar mengajar sangat mempengaruhi dalam proses belajar . motivasi
sangat dibutuhkan dalam proses mengajar keduanya ada hubungan timbal balik
saling berkaitan dan membutuhkan. Kegiatan belajar mengajar membutuhkan
motivasi misalnya di awal pengajaran guru memberikan motivasi untuk memicu
semangat belajar, jadi motivasi yang besar sangat mempengaruhi kualitas hasil
belajar.
SISWANTO ADI
SAPUTRO
NIM A1B110233
Dari penjalasann kelompok 3 yang membahas mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar disitu kelompok menjelaskan bahwa Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar.
jadi pertanyaan saya adalah seandainya kalian menjadi seorang pengajar suatu saat nanti, motivasi seperti apa yang akan kalian berikan kepada siswa sehingga dapat mendorong siswa tersebut menjadi siswa yang bisa dikatakan sebagai siswa yang bisa belajar dengan baik ketika dalam proses pembelajaran.
Terimakasih.
NIM A1B110233
Dari penjalasann kelompok 3 yang membahas mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar disitu kelompok menjelaskan bahwa Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar.
jadi pertanyaan saya adalah seandainya kalian menjadi seorang pengajar suatu saat nanti, motivasi seperti apa yang akan kalian berikan kepada siswa sehingga dapat mendorong siswa tersebut menjadi siswa yang bisa dikatakan sebagai siswa yang bisa belajar dengan baik ketika dalam proses pembelajaran.
Terimakasih.
Tanggapan Kelompok V
Menanggapi
pernyataan saudara Siswanto menurut kami, cara memberi motivasi kepada siswa
dengan memberikan semangat pada awal pelajaran dengan begitu siswa akan lebih
termotivasi dalam mengikuti pelajaran.
Nama : Abdul
Hamid
NIM : A1B110201
Perilaku manusia terpengaruh oleh 3 (tiga) komponen yaitu:
a) Komponen afektif adalah aspek emosional. Komponen ini terdiri dari motif sosial, sikap, dan emosi.
b) Komponen kognitif adalah aspek intelektual yang terkait dengan pengetahuan.
c) Komponen konatif adalah terkait dengan kemampuan dan kebiasaan bertindak.
Kepada kelompok 3 coba berikan penjelasan secara sederhana serta berikan contonya mengenai tiga komponen perilaku manusia terpengaruh ?
NIM : A1B110201
Perilaku manusia terpengaruh oleh 3 (tiga) komponen yaitu:
a) Komponen afektif adalah aspek emosional. Komponen ini terdiri dari motif sosial, sikap, dan emosi.
b) Komponen kognitif adalah aspek intelektual yang terkait dengan pengetahuan.
c) Komponen konatif adalah terkait dengan kemampuan dan kebiasaan bertindak.
Kepada kelompok 3 coba berikan penjelasan secara sederhana serta berikan contonya mengenai tiga komponen perilaku manusia terpengaruh ?
Tanggapan Kelompok V:
Perilaku manusia
terhadap tiga komponen penjelasan dan contoh menurut kelompok kami ialah;
a) Komponen afektif ialah perilaku manusia yang berhubungan dengan
emosional seseorang dimana lebih kepada kepekaan psikologi seseorang atau
kejiwaannya terhadap lingkungan. Contoh sikap marah, terharu, sedih, senang dll
b) Komponen kognitif ialah perilaku yang berhubungan pengusaan ilmu pengetahuan
seseorang. Contoh siswa berprestasi.
c) Komponen konatif ialah perilaku sesorang dalam melakukan sesuatu. Contoh guru
sedang mengajar dikelas.
Okta Maria
Ulva
AlBll0216
(Kelompok 4)
Di sini kelompok menjelaskan mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar. Yang saya tanyakan, bagaimana cara memberikan motivasi xg sesuai dengan aktivitas?
Terimakasih
AlBll0216
(Kelompok 4)
Di sini kelompok menjelaskan mengenai motivasi dan aktivitas dalam belajar. Yang saya tanyakan, bagaimana cara memberikan motivasi xg sesuai dengan aktivitas?
Terimakasih
Tanggapan Kelompok V
Menanggapi
pertanyaan saudari okta, mungkin yang yang dimaksud saudara aktivitas disini
lebih aktivitas disaat terjadi proses belajar mengajar di sekolah menurut saya
memberikan motivasi yang sesuai dengan aktivitas bisa diawal proses belajar
maksudnya di sini sebelum seorang guru memberikan materi inti seorang guru
memberikan motivasi kepada anak didiknya untuk memicu semangat belajar.
memberikan motivasi sangatlah penting untuk anak didik agar mereka selalu
terpacu untuk maju .
Raudatul
Janah
NIM A1B110255
Kelompok menjelaskan motivasi primer adalah motivasi yang didasarkan pada motif-motif dasar. Motif-motif dasar tersebut umumnya berasal dari segi biologis atau jasmani manusia. Manusia adalah makhluk berjasmani, sehingga perilakunya terpengaruh oleh insting atau kebutuhan jasmaninya. Saya ingin bertanya tentang penjelasan mengenai insting tersebut dan berikan contohnya! Terima kasih
NIM A1B110255
Kelompok menjelaskan motivasi primer adalah motivasi yang didasarkan pada motif-motif dasar. Motif-motif dasar tersebut umumnya berasal dari segi biologis atau jasmani manusia. Manusia adalah makhluk berjasmani, sehingga perilakunya terpengaruh oleh insting atau kebutuhan jasmaninya. Saya ingin bertanya tentang penjelasan mengenai insting tersebut dan berikan contohnya! Terima kasih
Tanggapan Kelompok V:
Jawab:
Maksudnya adalah berawal dari pernyataan bahwa manusia
merupakan makhluk yang berjasmani atau makhluk yang mempunyai badan atau raga
yang tentunya di dalamnya mempunyai akal dan perasaan, sehingga dari kelebihan
tersebut manusia merupakan makhluk yang paling sempurna daripada makhluk
lainnya maka dari itu manusia mempunyai insting atau bisa dikatakan naluri
seseorang. Motivasi berasal dari diri manusia dimulai dengan jasmani manusia
yang perilakunya telah dipengaruhi oleh insting. Jadi, sebelum seseorang
melakukan sesuatu apa yang diinginkannya maka sebelumnya seseorang telah
menggunakan instingnya dan dapat kita lihat dalam hal menentukan pilihan baik
itu pilihan yang baik ataupun tidak baik menurutnya dia pasti akan menggunakan
instingnya untuk melakukan tindakan yang terbaik baginya, sehinga dari insting
tersebut akan terbentuk suatu perilaku. Jadi, kesimpulannya adalah tindakan
manusia berkaitan dengan insting.
Contohnya dapat kita lihat pada seorang siswa yang
selalu saja mendapatkan nilai angka merah pada ulangan matematikanya, siswa
tersebut merasa sedih kemudian dia berpikir bahwa nilainya anjlok karena dia
tidak belajar dengan sungguh-sungguh maka dari kejadian tersebut dia mempunyai
insting bahwa jika dia giat belajar maka dia tiak akan mempunyai nilai anjlok
lagi, dari insting tersebut maka dia mempunyai tujuan untuk giat belajar dan
melakukan tindakannya dengan sungguh-sungguh. Dari sini dapat kita lihat dari
sebuah insting terdapat motivasi dari dalam dirinya sehingga memunculkan
tindakan bahwa siswa tersebut akan sungguh-sungguh giat belajar.
KUSNIATI
ANDRIANI
NIM A1B110215
Ada 3 jenis motivasi menurut pembagian dari woodworth dan marquis. Kalau menurut pemahaman saya 3 jenis motivasi yang dipaparkan kelompok lebih kepada motif. Jadi, Jelaskan 3 jenis motivasi yang berkaitan dengan motivasi!
NIM A1B110215
Ada 3 jenis motivasi menurut pembagian dari woodworth dan marquis. Kalau menurut pemahaman saya 3 jenis motivasi yang dipaparkan kelompok lebih kepada motif. Jadi, Jelaskan 3 jenis motivasi yang berkaitan dengan motivasi!
Tanggapan Kelompok V
Motivasi ialah
suatu proses untuk menggalakkan sesuatu tingkah laku supaya dapat mencapai
matlumat-matlumat yang tertentu. Konsep motivasi memang susah difahami kerana
kesannya tidak dapat diketahui secara langsung. Seseorang guru terpaksa
melibatkan proses berbagai motif kelakuan seseorang yang diukur dari segi
perubahan, keinginan, keperluan dan matlamatnya.
(http://ms.wikipedia.org/wiki/Motivasi).
Motivasi masih sukar diukur akan kelakuan itu tidak hanya disebabkan oleh sesuatu motif atau desakan sahaja, tetapi ada faktor-faktor yang membuatkan seseorang itu terdorong untuk berbuat sesuatu.
Motivasi dapat juga dikatakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, dan bila ia tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau menyelakan perasaan tidak suka itu. (Sudirman, 2001:73).
Istilah ”motif” dan ”motivasi” keduanya sukar dibedakan secara tegas. Dijelaskan bahwa motif menunjukan suatu dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang yang menyebabkan orang tersebut mau bertindak melakukan sesuatu. Sedangkan motivasi adalah ” pendorongan” suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. (Purwanto, 2002: 71).
Motivasi masih sukar diukur akan kelakuan itu tidak hanya disebabkan oleh sesuatu motif atau desakan sahaja, tetapi ada faktor-faktor yang membuatkan seseorang itu terdorong untuk berbuat sesuatu.
Motivasi dapat juga dikatakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, dan bila ia tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau menyelakan perasaan tidak suka itu. (Sudirman, 2001:73).
Istilah ”motif” dan ”motivasi” keduanya sukar dibedakan secara tegas. Dijelaskan bahwa motif menunjukan suatu dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang yang menyebabkan orang tersebut mau bertindak melakukan sesuatu. Sedangkan motivasi adalah ” pendorongan” suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. (Purwanto, 2002: 71).
Nama :
Harmah
NIM : A1B110211
Dari macam-macam motivasi menurut kalian motivasi ekstrinsik itu apakah bisa mempengaruhi siswa dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif? lalu dalam kegiatan belajar mengajar motivasi ekstrinsik itu seberapa pentingnya untuk siswa?
NIM : A1B110211
Dari macam-macam motivasi menurut kalian motivasi ekstrinsik itu apakah bisa mempengaruhi siswa dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif? lalu dalam kegiatan belajar mengajar motivasi ekstrinsik itu seberapa pentingnya untuk siswa?
Tanggapan Kelompok V
Menurut
kelompok kami motivasi ekstrinsik sangat penting karena motivasi tidak hanya
berasal dari dalam tetapi juga dari luar seperti motivasi yg berasal dari
lingkungan juga sangat mempengaruhi semangat belajar siswa.
Nama: Laili
Hidayati
NIM : A1B110202
Seperti yan kita ketahui, peserta didik akan senang dengan kegiatan yang memberikan mereka peluang untuk bereprestasi, dari sekian banyak motivasi yang dipaparkan oleh kelompok 3, yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara kita sebagai calon pendidik untuk memberikan motivasi antara pembelajaran yang ada dikelas dengan prestasi yang mereka peroleh dari luar kelas agar keduanya bisa seimbang, "jika kasusnya saat itu, peserta didik lebih dominan mementingkan prestasi diluar yang tidak ada kaitannya dengan interaksi belajar mengajar di sekolah". Terimaksih
NIM : A1B110202
Seperti yan kita ketahui, peserta didik akan senang dengan kegiatan yang memberikan mereka peluang untuk bereprestasi, dari sekian banyak motivasi yang dipaparkan oleh kelompok 3, yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara kita sebagai calon pendidik untuk memberikan motivasi antara pembelajaran yang ada dikelas dengan prestasi yang mereka peroleh dari luar kelas agar keduanya bisa seimbang, "jika kasusnya saat itu, peserta didik lebih dominan mementingkan prestasi diluar yang tidak ada kaitannya dengan interaksi belajar mengajar di sekolah". Terimaksih
Tanggapan Kelompok V:
Memberikan motivasi
terhadap anak didik yang lebih berprestasi diluar sekolah. Menurut kelompok
kami berprestasi di luar sekolah juga merupakan pretasi yang luar biasa dan itu
harus didukung walaupun prestasinya tidak mengataskan sekolah. Apabila nilai
akademiknya menurun karena dia lebih memproritas di luar kita sebagai pendidik
harus bisa memberikan motivasi kepada anak didik mulai dari pendekatan
personal. Memberikan gambaran pendidikan tetap
proritas utama sebagai siswa walaupun berprestasi di luar sekolah anak
didik harus bisa membagi waktunya untuk belajar dan kegiatan di luar.
Nama:
Norlaila
Nim: A1B110242
Mengenai motivasi, menurut kelompok kalian bagaimana agar diri kita selalu termotivasi terutama dalam pembelajaran?
Nim: A1B110242
Mengenai motivasi, menurut kelompok kalian bagaimana agar diri kita selalu termotivasi terutama dalam pembelajaran?
Jawab:
Mengenai motivasi dalam pembelajaran, menurut kami motivasi haruslah
terbentuk dari diri kita masing-masing, motivasi itu muncul karena ada tujuan
dan motivasi juga bisa dari orang lain maupun orang terdekat kita. Misalnya
kita belajar atau mengikuti pembelajaran di kelas pasti mempunyai tujuan yakni
bisa saja tujuan tersebut untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kita
maupun orang lain, untuk mendapatkan nilai terbaik, atau untuk menyenangkan
kedua orangtua kita, dari situ secara tidak langsung muncullah motivasi.
Sebenarnya motivasi juga
berawal dari diri kita masing-masing, motivasi itu muncul dari latar belakang
yang berbeda-beda misalnya dapat kita ketahui dari yang telah kami sebutkan
bahwa motivasi itu berasal dari tujuan kita masing-masing dalam belajar yakni untuk
menyenangkan dan membahagiakan kedua orangtua kita, agar cita-cita kita dapat
tercapai, dan yang paling penting niatkan hati kita sebelum mengikuti
pembelajaran kemudian jangan medah terpengaruh untuk melakukan
perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat sehingga menggangu kita dalam
belajar.
NAMA : AHMAD
JAMALUDIN
NIM : A1B110204
assalamualaikum. wr.wb
saya sangat salut dan memberi jempol buat kelompok maupun yang bertanya serta yang menanggapi karena sudah memberi ilmu pengetahuan khususnya tentang Motivasi dan Aktivitas Pembelajaran, namun disini saya ingin bertanya kepada teman-teman semua, mulai dari kelompok 3 ataupun teman- teman yang lainnya.
Apakah seorang yang mempunyai kekurangan ( penyandang autis) masih mempunyai motivasi yang kuat dalam proses belajar sedangkan dilingkungannya mereka selalu mendapatkan ejekan dari teman-teman sebaya maupun di masyarakatnya? lalu motivasi apakah yang cocok untuk seorang penyandang autis tersebut? Terimakasih
NIM : A1B110204
assalamualaikum. wr.wb
saya sangat salut dan memberi jempol buat kelompok maupun yang bertanya serta yang menanggapi karena sudah memberi ilmu pengetahuan khususnya tentang Motivasi dan Aktivitas Pembelajaran, namun disini saya ingin bertanya kepada teman-teman semua, mulai dari kelompok 3 ataupun teman- teman yang lainnya.
Apakah seorang yang mempunyai kekurangan ( penyandang autis) masih mempunyai motivasi yang kuat dalam proses belajar sedangkan dilingkungannya mereka selalu mendapatkan ejekan dari teman-teman sebaya maupun di masyarakatnya? lalu motivasi apakah yang cocok untuk seorang penyandang autis tersebut? Terimakasih
Jawab:
Sebenarnya masing-masing penyandang autis mempunyai motivasi
yang kuat dari dalam dirinya jika motivasi tersebut diberikan oleh orang
terdekatnya yakni orang tua dan orang-orang yang peduli terhadap mereka baik
itu guru maupun keluarga dan orang disekitarnya yang menyayangi mereka. Perlu
kita ketahui bahwa motivasi tidak hanya terbentuk dari diri sendiri tetapi juga
bisa dari orang lain maupun orang terdekat mereka dan yang paling penting
adalah orang tua. Penyandang autis mempunyai semangat hidup dan belajar dari
motivasi yang mereka miliki karena orang-orang yang peduli terhadap mereka
selalu memberikan nasehat dan memberikan semangat hidup serta dorongan untuk
belajar dan berkarya.
Menurut kami motivasi yang cocok untuk penyandang
autis adalah motivasi yang berasal dari orang tua mereka apalagi seorang Ibu karena
seorang Ibu merupakan orang terdekat dalam hidupnya dan mempunyai keterikatan
batin yang sangat kuat terhadap anaknya, dari nasehat dan kasih sayang seorang
Ibu ataupun seorang Ayah maka anak penyandang autis mempunyai motivasi untuk
hidup dan belajar. Kemudian untuk memberikan motivasi kepada anak autis harus
mempunyai kesabaran dalam membimbing dan melatihnya serta selalu mendorong dan
menyemangati mereka sehingga mereka merasa tidak sendiri dan merasa tidak
dikucilkan, berilah pendidikan khusus dan kasih sayang kepada anak penyandang
autis agar mereka dapat berkreasi dan dapat mengembangkan kemampuan dari dalam
dirinya, karena Tuhan pasti memberikan kelebihan kepada makhluk ciptaan-Nya.
Abdul Gani
A1B108256
Tanggapan saya adalah seorang guru memang sangat penting memberikan motivasi kepada anak didiknya. Dengan motivasi yang baik maka anak didik akan merasakan:
1. Lebih giat/semangat untuk belajar
2. Akan memiliki pandangan/wawasan yang lebih luas
3. Akan lebih siap dengan tantangan yang ada di depan
4. Akan lebih semangat dan ingin secepatnya menggapai cita
Bagaimana kawan? Apakah setuju dengan pendapat saya
A1B108256
Tanggapan saya adalah seorang guru memang sangat penting memberikan motivasi kepada anak didiknya. Dengan motivasi yang baik maka anak didik akan merasakan:
1. Lebih giat/semangat untuk belajar
2. Akan memiliki pandangan/wawasan yang lebih luas
3. Akan lebih siap dengan tantangan yang ada di depan
4. Akan lebih semangat dan ingin secepatnya menggapai cita
Bagaimana kawan? Apakah setuju dengan pendapat saya
Tanggapan
Kelompok V:
Setuju
Nama :
Hayatul Mursyida
Nim: A1B110212
Baiklah, berhubung di blog ini sangat ramai maka saya pun tidak mau ketinggalan untuk ikut serta meramaikannya…hahaha
Saya ingin bertanya kepada kelompok ini, apakah motif-mortif bawaan itu juga termasuk motivasi primer?
Lalu satu lagi yang ingin saya tanyakan adalah misalnya ada seorang pemuda yang sangat membutuhkan uang, kemudian dia termotivasi untuk mencuri. Nah hal tersebut termasuk motifasi apa?
Nim: A1B110212
Baiklah, berhubung di blog ini sangat ramai maka saya pun tidak mau ketinggalan untuk ikut serta meramaikannya…hahaha
Saya ingin bertanya kepada kelompok ini, apakah motif-mortif bawaan itu juga termasuk motivasi primer?
Lalu satu lagi yang ingin saya tanyakan adalah misalnya ada seorang pemuda yang sangat membutuhkan uang, kemudian dia termotivasi untuk mencuri. Nah hal tersebut termasuk motifasi apa?
Jawab:
Pertanyaan pertama
Menurut kami motif bawaan tidak bisa dikatakan termasuk dalam motivasi
primer karena dapat kita kita lihat perbedaannya pada pengertiannya bahwa
motivasi adalah motivasi yang di bawa sejak lahir. Jadi motivasi itu terbentuk
dengan sendirinya dan tanpa Menurut kelompok kami Menurut kelompok kami dipelajari. Contohnya dalam hidup dan mempertahankan
kelangsungan hidup kita sebagai manusia memerlukan dorongan untuk makan, dorongan
minum dan lain sebagainya karena kita sebagai manusia mempunyai nafsu
tersendiri yang telah diberikan untuk melakukan sesuatu.
Sedangkan motivasi primer
didasarkan pada motivasi-motivasi dasar yang berasal dari segi biologis maupun
jasmani. Kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk yang mempunyai segi biologis
maupun jasmani atau raga sehingga untuk melakukan sesuatu dan membentuk suatu
perilaku telah dipengaruhi oleh insting. Insting tersebut dapat terbentuk dari
perilaku yakni dapat kita lihat pada contoh sebagai berikut seseorang yang
sedang merasakan lapar kemudian dia berinsting dan berpikir bahwa hal yang
harus dilakukannya jika lapar adalah makan, maka orang tersebut akan melakukan
tinndakan makan untuk mencapai kepuasannya. Jika di hubungkan dan kita terapkan
menurut Freud terdapa 4 ciri pada insting, maka insting seseorang dapat dilihat
dari tekanannya, jika tekanan
seseorang tersebut makin kuat yakni dia merasa lapar dan bertambah lapar
keinginan seseorang tersebut semakin kuat untuk makan, kemudian untuk memenuhi kepuasannya atau kesenangannya maka dia
berinsting yakni dengan mencari makan, untuk objeknya adalah makanan yang berupa nasi untuk mengenyangkan dan
yang terakhir adalah keadaan jasmani,
dapat kita ketahui jika dia berinsting untuk mengisi perutnya dia merasa harus
melakukan tindakan makan maka keadaan jasmani atau raganya akan kuat dan
bertenaga. Dari contoh ini kita dapat mengetahui motivasi primer.
Pertanyaan kedua
Jika
seorang pemuda mempunyai motivasi untuk mencuri karena dia membutuhkan uang,
menurut kami itu bukanlah motivasi karena motivasi menjauhkan kita dari hal-hal
yang bersifat negatif dan tidak bermanfaat karena motivasi berawal dari tujuan
yang baik. Jadi, disini perlu ditegaskan bahwa motivasi tidak pernah dikatakan
baik apabila tujuan yang diiinginkan juga tidak baik. Telah kita ketahui bahwa
mencuri adalah perbuatan yang melanggar
norma-norma sosial. Jadi, meskipun dalam keterpaksaan seharusnya dia dapat
mengambil keputusan dengan baik dan dapat berpikir bahwa hal yang dilakukannya
tidak baik untuknya maupun untuk orang lain sehingga dia termotivasi untuk
tidak mencuri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar